Lepas Peserta Pelatihan dan Penempatan Kerja, Bupati Balangan Harap Angka Pengangguran Turun

“Para peserta pelatihan akan masuk dalam database yang dapat diakses langsung oleh perusahaan sehingga memudahkan proses perekrutan tenaga kerja terampil”

Bupati Balangan, H Abdul Hadi bersama mitra perusahaan dan peserta pelatihan (foto: TABIRkota/mc blg)

PARINGIN (TABIRkota) – Bupati Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel), H Abdul Hadi berharap angka pengangguran terbuka di kabupaten setempat akan turun seiring meningkatnya kompetensi tenaga kerja.

Harapan tersebut disampaikan H Abdul Hadi saat melepas 1.600 peserta Pelatihan Sertifikasi Magang dan Penempatan Kerja yang diselenggarakan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja (DKUKMTK) Balangan di halaman Kantor Bupati setempat, Jumat (20/9).

Menurutnya, meskipun para peserta pelatihan nantinya tidak semua langsung ditempatkan, namun setidaknya akan masuk dalam database.

“Database tersebut nantinya dapat diakses langsung oleh perusahaan sehingga akan memudahkan jika mereka membutuhkan tenaga kerja dengan keterampilan khusus,” ujarnya.

BACA JUGA :  Polisi Sahabat Anak, Siswa TK Pembina Paringin Kunjungi Mapolres Balangan

Para peserta pelatihan, katanya, agar memastikan telah terdaftar sebagai pemegang polis asuransi di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker).

“Ikuti kegiatan pelatihan dengan serius dan manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kecakapan serta keterampilan,” katanya.

Sementara itu, Plt Kepala DKUKMTK Balangan, Abdurrahman Arrahimi mengatakan, pelatihan dilaksanakan bekerja sama dengan 43 lembaga pelatihan dan perusahaan mitra yang mencakup 25 jenis keahlian.

“Untuk memperluas peluang kerja bagi para peserta pelatihan, kita melakukan penandatanganan nota kesepakatan kerja sama dengan dua perusahaan nasional, yaitu PT Vista Utama dan PT Jalasena Cakra Perkasa,” katanya.

Sebagai bagian dari upaya Pemkab Balangan untuk memaksimalkan pemanfaatan tenaga kerja terampil, tambahnya, DKUKMTK secara resmi meluncurkan aplikasi Labor Market Balangan dengan fitur portal database tenaga kerja kompeten dan tersertifikasi serta lowongan pekerjaan bernama Lamar Begawi.

BACA JUGA :  Lebaran Ketupat Tak Pengaruhi Omset "Urung" di Kampung Ketupat Banjarmasin

“Aplikasi tersebut ditujukan untuk mempermudah perusahaan dalam mengakses data tenaga kerja lokal yang terlatih dan bersertifikasi,” tambahnya.

Melalui kegiatan pelatihan tersebut, diharapkan dapat menjadikan Balangan sebagai kabupaten dengan angka pengangguran terbuka terendah di Kalsel. (ra)

Pewarta: M Rastaferian Pasya

Journalist - Balangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

PON XXI Aceh-Sumut 2024, Atlit FAJI Balangan Persembahkan Tiga Medali

Sen Sep 23 , 2024
"Cabang olahraga Arung Jeram merupakan pertama kali diperlombakan pada PON XXI Aceh Sumut dan kontingen Kalsel dapat langsung menorehkan prestasi dengan perolehan tiga medali"

You May Like

HUT TABIRkota 3 Tahun

TABIRklip