Wujudkan Keluarga Berkualitas, Pemkab Balangan Rehab Delapan Unit Gedung Balai Penyuluh KB

“Dengan Balai Penyuluh KB yang refresentatif, para kader dapat lebih maksimal membina warga tentang pentingnya keluarga berkualitas bagi pembangunan daerah”

Salah satu gedung Balai Penyuluh KB di Balangan (foto: TABIRkota/ist)

PARINGIN (TABIRkota) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel), sepanjang 2024 ini akan merehab delapan unit Gedung Balai Penyuluh Keluarga Berencana (KB) yang tersebar diseluruh kecamatan dalam upaya mewujudkan keluarga berkualitas.

Menurut Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, Taufiqurrahman, rehab akan dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3APPKBPMD) Balangan.

“Rehab dilakukan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik, termasuk pengadaan kelengkapan sarana dan prasarana,” ujarnya di Paringin, ibu kota Balangan, Jum’at (19/7).

Gedung Balai Penyuluh KB berfungsi sebagai tempat untuk merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, mengendalikan dan pembinaan kepada petugas serta pengelola Penyuluh Keluarga Berencana (PKB dan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB).

BACA JUGA :  Pilkada HSS, Tim Pemenangan H Udin Ansyar "Lamar" Golkar

Balai Penyuluh KB, katanya, juga merupakan Institusi Masyarakat Perdesaan/Perkotaan dan mitra kerja dalam operasional Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) tingkat kecamatan.

“Balai Penyuluh KB juga difungsikan sebagai pusat kegiatan Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) di tingkat kecamatan,” katanya.

Sebagai pusat kegiatan Bangga Kencana, antara lain difungsikan untuk pelayanan KB, pusat kegiatan percepatan penurunan stunting, tempat pertemuan kader baik kader KB maupun tim pendamping keluarga dan Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS).

Rehab yang dilakukan, tambahnya, untuk memaksimalkan pelaksanaan tugas dan pemenuhan kebutuhan informasi Bangga Kencana.

BACA JUGA :  Periksa Kesehatan Hewan Kurban, Dispertan HST Tidak Temukan Indikasi PMK

“Dengan Balai Penyuluh KB yang refresentatif, para kader yang ada dapat lebih maksimal dalam membina warga untuk mengetahui secara detail pentingnya keluarga berkualitas bagi pembangunan daerah,” tambahnya.

Keluarga berkualitas yang dimaknai sebagai keluarga sejahtera, sehat, maju, mandiri, memiliki jumlah anak ideal, berwawasan ke depan, bertanggung jawab dan harmonis, berperan untuk menuju Indonesia Emas. (ra)

Pewarta: M Rastaferian Pasya

Journalist - Balangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Jaga Ketahanan Pangan, Bupati HST Tanam Perdana Jagung Hibrida

Jum Jul 19 , 2024
"Tanam perdana jagung hibrida dimaksudkan untuk meningkatkan produksi dan nilai tambah, pendapatan serta kesejahteraan petani"

You May Like

TABIRklip