Target Diikuti 100 Peserta, Pendaftaran Nanang Galuh Balangan 2024 Dibuka

“Berbeda dari tahun sebelumnya, pemilihan Nanang Galuh Balangan 2024 tidak lagi dilaksanakan di Gedung Budaya namun digelar di Gedung Sanggam”

(foto: TABIRkota/mc blg)

PARINGIN (TABIRkota) – Pendaftaran pemilihan Nanang Galuh Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2024 sudah mulai dibuka dan ditargetkan akan diikuti 100 peserta.

Menurut Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Balangan, Hasan, pendaftaran telah dibuka sejak 10 Juli lalu dan akan ditutup pada 27 Juli mendatang.

“Pemilihan Nanang Galuh Balangan 2024 kali ini, kita optimis akan diikuti peserta yang bukan hanya dari kalangan pelajar tingkat SLTA, tetapi juga mahasiswa,” ujarnya di Paringin, ibu kota Balangan, Selasa (16/7).

Berbeda dari tahun sebelumnya, katanya, pemilihan Nanang Galuh Balangan 2024 tidak lagi dilaksanakan di Gedung Budaya.

BACA JUGA :  WBP Lapas Narkotika Karang Intan Martapura Panen Satu Ton Nila

“2024 ini, pemilihan Nanang Galuh Balangan kita laksanakan di Gedung Sanggam dengan target 100 peserta dan kalau bisa lebih,” katanya.

Ia menambahkan, masyakarat Balangan, khususnya para pemuda, diajak untuk turut berpartisipasi memeriahkan ajang pemilihan Nanang Galuh yang rutin digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat.

“Jangan takut untuk mendaftar, kalah atau menang, itu biasa dalam kompetisi, yang penting maju dulu untuk meramaikan perhelatan Nanang Galuh,” tambahnya.

Nanang Galuh sendiri merupakan sebutan untuk anak laki-laki dan anak perempuan Banjar yang berasal dari kata “lanang” yang berarti laki-laki dalam bahasa Melayu serta “galuh” yang bermakna batu mulia atau intan permata.

BACA JUGA :  Bahas Kerja Sama Pengendalian Inflasi, Wabup HST Sambut Kunker Pemko Palangkaraya

Dalam Hikayat Banjar disebutkan, nama Nanang dan Galuh merupakan bagian dari keluarga bangsawan meskipun penggunaannya tidak sepopuler gelar kebangsawanan lainnya. (ra)

Pewarta: M Rastaferian Pasya

Journalist - Balangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Verifikasi dan Validasi e-PPGBM Pokja Balanting, Satu Desa di Balangan Zero Stunting

Sel Jul 16 , 2024
"Hasil verifikasi dan validasi yang dilaksanakan awal Juli lalu, dari 11 desa yang berpotensi stunting di Balangan, Lok Batung dinyatakan telah zero stunting"

You May Like

TABIRklip