Rencana Patroli Karhutla di Halong, Manggala Agni Koordinasi dengan BPBD Balangan

“Patroli dilaksanakan untuk penyadartahuan atau kampanye pencegahan karhutla terhadap masyarakat secara terpadu dengan tetap memperhatikan kearifan lokal”

Manggala Agni bersama BPBD Balangan melakukan koordinasi rencana patroli karhutla (foto: TABIRkota/mc blg)

PARINGIN (TABIRkota) – Organisasi tingkat nasional yang bertugas di bidang pengendalian kebakaran hutan dan lahan, Manggala Agni melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel), terkait rencana patroli kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kecamatan Halong.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Balangan, H Rahmi melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Jumaidil Hairi mengatakan, kegiatan patroli dilaksanakan dalam rangka menghadapi kemungkinan terjadinya karhutla saat musim kemarau.

“Patroli dilaksanakan untuk penyadartahuan atau kampanye pencegahan karhutla terhadap masyarakat secara terpadu dengan tetap memperhatikan kearifan lokal,” katanya di Paringin, ibu kota Balangan, Senin (8/6).

BACA JUGA :  Bazar Pasar Murah Korem 101/Antasari, Diskon Harga Hingga 50 persen

Menurutnya, kegiatan patroli karhutla secara terpadu di Kalsel, telah dilaksanakan secara rutin sejak 2016 lalu.

“Patroli dilaksanakan anggota Manggala Agni Balai Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Wilayah Kalimantan bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dengan mengikutsertakan unsur TNI, Polri serta masyarakat di tingkat kelurahan/desa,” ujarnya.

2024 ini, tambahnya, fasilitasi kegiatan patroli dan Posko Pencegahan Karhutla Terpadu di Kalsel akan dilaksanakan secara bertahap.

“Tahap I dilaksanakan dari 16 Juli sampai 14 Agustus dan tahap II dari 1 sampai 30 Agustus mendatang di kelurahan/desa rawan karhutla,” tambahnya.

Kegiatan patroli sendiri merupakan upaya deteksi dini dan penanggulangan dini kejadian karhutla secara terpadu serta mewujudkan kehadiran pemerintah dalam pencegahan karhutla.

BACA JUGA :  BUMA Berbagi Bahagia, Ketua KS2: Kepedulian Sosial Bisa Tekan Inflasi

Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat membantu pemerintah dalam menekan dan meminimalisir kejadian karhutla di Balangan, khususnya di wilayah yang menjadi fokus patroli Manggala Agni di Halong. (ra)

Pewarta: M Rastaferian Pasya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Berkicau

Sel Jul 9 , 2024
Pewarta: M Rastaferian Pasya Uploader: Zidna Rahmana Post Views: 97 BACA JUGA :  PIK Potads Banua Anam Minta Pemerintah Hadir untuk Anak Down Syndrome

You May Like

TABIRklip