Hadapi Pertumbuhan Penduduk, Pemkab Balangan Siap Tambah Gedung Sekolah

“Untuk penambahan gedung sekolah baru, dibutuhkan kajian-kajian khusus, antara lain jarak antara sekolah yang ada dengan yang akan dibangun”

Kabid Sarpras Disdikbud Balangan, Sarmono (foto: TABIRkota/rastaferian pasya)

PARINGIN (TABIRkota) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel) siap melakukan penambahan gedung sekolah baru bila dibutuhkan, seiring tingkat pertumbuhan penduduk yang terus bertambah.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Sarana Prasarana (Sarpras) Dinas Pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Balangan, Sarmono, bila memang membutuhkan gedung sekolah baru, masyarakat bisa langsung melapor.

“Untuk 2024 ini, sampai minggu ketiga Juli, belum ada laporan atau aduan dari masyarakat terkait penambahan sekolah, baik tingkat dasar maupun menengah pertama,” ujarnya di Paringin, ibu kota Balangan, Senin (22/7).

Penambahan gedung sekolah baru, katanya, terakhir dilakukan Pemkab Balangan melalui Disdikbud setempat, sekitar empat tahun yang lalu.

BACA JUGA :  Ciptakan PPDB yang Bersih, Inspektorat Balangan Gelar Sosialisasi Anti Korupsi

“Waktu itu masyarakat mengajukan proposal untuk penambahan sekolah tingkat dasar dan kita respon,” katanya.

Saat itu, pembangunan gedung sekolah baru untuk SDK Ambatonin, Desa Ambatonin, Kecamatan Halong.

Ia menambahkan, untuk penambahan gedung sekolah baru, dibutuhkan kajian-kajian khusus.

“Bagitu ada pengajuan atau usulan dari masyarakat, tidak serta merta disetujui dan dibangun gedung sekolah baru, tetapi melalui beberapa tahapan kajian serta pertimbangan khusus,” tambahnya.

Salah satu poin yang menjadi pertimbangan adalah jarak antara sekolah yang ada dengan yang akan dibangun.

Selain itu, yang juga menjadi bahan pertimbangan adalah usia produktif penduduk dan kualifikasi Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah tempat lokasi sekolah baru. (ra)

BACA JUGA :  Meriahkan Peringatan Hari Bhayangkara ke-78, Polres Balangan Gelar Lomba Burung Berkicau Kapolres Balangan Cup II

Pewarta: M Rastaferian Pasya

Journalist - Balangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hari Bhakti Adyaksa ke-64, Kejari Balangan Komitmen Maksimalkan Pengembalian Kerugian Negara

Sen Jul 22 , 2024
"Tantangan terbesar Kejaksaan adalah memastikan penegakan hukum yang berkeadilan di tengah berbagai dinamika sosial, politik dan ekonomi di masyarakat"

You May Like

HUT TABIRkota 3 Tahun

TABIRklip