DPRD Barsel Imbau MPLS Tidak Ada Plonco

“Apabila ditemukan ada praktek perploncoan pada mekanisme MPLS, maka harus diberikan sanksi tegas oleh instansi terkait kepada pihak sekolah bersangkutan”

Wakil Ketua I DPRD Barsel, Hj Nyimas Artika (kedua dari kiri) memberikan keterangan pers kepada wartawan (foto: TABIRkota/akhmad madani)

BUNTOK (TABIRkota) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng) mengimbau pihak sekolah, khususnya tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) agar tidak melakukan perploncoan pada Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Menurut Wakil Ketua I DPRD Barsel, Hj Nyimas Artika, saat ini sejumlah SMP dan SMA di Barsel sudah mulai melaksanakan MPLS.

“Kami harap, sekolah-sekolah yang saat ini dan nanti akan melaksanakan MPLS, agar tidak melakukan plonco terhadap siswa baru,” ujarnya di Buntok, ibu kota Barsel, Senin (8/7).

Apabila nantinya ditemukan ada praktek perploncoan pada mekanisme MPLS, katanya, maka harus diberikan sanksi tegas oleh instansi terkait, dalam hal ini Dinas Pendidikan (Disdik).

BACA JUGA :  Semarakkan Geliat Wisata Dearah, DPRD Barsel Sarankan Pemkab Tambah Wahana Permainan di Sanggu

“Kegiatan MPLS yang diutamakan adalah mendidik agar para siswa baru betul-betul mengenal lingkungan sekolah, para guru dan teman-temannya,” katanya.

Ia menambahkan, pemberlakukan hukuman boleh saja dilakukan pada siswa baru saat mengikuti MPLS, namun hendaknya dilakukan dengan cara mendidik.

“Jangan diberikan hukuman fisik, tetapi yang lebih mendidik seperti misalnya menanam pohon,” tambahnya.

Pihak sekolah juga diimbau untuk melaksanakan MPLS di sekolah masing-masing agar mudah dilakukan pengasawan sehingga tidak ada kegiatan yang mengarah pada tindakan plonco.

Diharapkan, kegiatan MPLS kali ini berjalan lancar dan memberikan manfaat kepada para siswa baru yang mengikutinya. (ra)

BACA JUGA :  DPRD Barsel Apresiasi Langkah Cepat Pemkab Antisipasi Penyebaran DBD

Pewarta: Akhmad Madani

Journalist - Barito Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pemerhati Politik Nilai Pilkada Bartim Berpotensi Head to Head

Sen Jul 8 , 2024
"Iklim demokrasi di Bartim sangat baik, partai politik membuka diri untuk siapa saja yang mendaftar kandidat bakal calon, meski keputusannya tidak di level kabupaten"

You May Like

HUT TABIRkota 3 Tahun

TABIRklip