Tingkatkan Penerimaan PAD, Pemkab Balangan Luncurkan SIDASI PAPA

“Sosialisasi dilakukan salah satunya dengan menempatkan banner di tempat wajib pajak hotel dan restoran yang telah dipasang alat rekam pajak”

Pemasangan banner sosialisasi penggunaan SIDASI PAPA di hotel dan restoran (foto: TABIRkota/mc blg)

PARINGIN (TABIRkota) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel) meluncurkan inovasi Sistem Online Atas Data Transaksi Pembayaran Pajak Hotel dan Pajak Restoran (SIDASI PAPA) dalam upaya meningkatkan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kepala Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Balangan melalui Kepala Bidang (Kabid) Penagihan dan Pelaporan, Halimurasyid mengatakan, pihaknya sudah mulai melakukan sosialisasi penggunaan SIDASI PAPA.

“Sosialisasi dilakukan salah satunya dengan menempatkan banner di tempat wajib pajak hotel dan restoran yang telah dipasang alat rekam pajak,” katanya di Paringin, ibu kota Balangan, Sabtu (1/6).

Menurutnya, alat rekam data transaksi yang dipasang pada hotel dan rumah makan, digunakan wajib pajak untuk merekam catatan transaksi pembayaran.

BACA JUGA :  Bina IKM, Ketua Dekranasda HST Dorong Pengrajin Sasirangan Berkembang dan Berdaya Saing

“Fungsinya sebagai pembanding antara total transaksi yang ada dengan jumlah pajak daerah yang dibayarkan,” ujarnya.

Dengan pemasangan alat rekam tersebut, tambahnya, bisa menghindari kebocoran pajak daerah.

“Alat rekam dipasang untuk memantau dan mengawasi langsung berbagai transaksi objek pajak secara real time dari waktu ke waktu dengan akurat,” tambahnya.

Selain itu, dapat digunakan untuk melihat kesesuaian Surat Pemberitahuan Pajak Daerah (SPTPD) yang dilaporkan wajib pajak setiap bulan kepada BPKPAD.

Penggunaan alat rekam transaksi pajak membuat Pemkab Balangan menjadi lebih mudah dalam melakukan pengawasan penerimaan pajak sehingga pemasukan daerah dapat lebih optimal dan meningkat. (ra)

Uploader: Zidna Rahmana

BACA JUGA :  Operasi Antik Intan 2024, Polres Balangan Amankan Sepuluh "Budak" Narkoba

Pewarta: M Rastaferian Pasya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Harlah Pancasila, Wawali Banjarmasin Ajak Masyarakat Bumikan Nilai-Nilai Pancasila

Sab Jun 1 , 2024
"Pancasila harus senantiasa dijiwai dan dipedomani agar menjadi ideologi yang bekerja serta dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah indonesia"

You May Like

TABIRklip