Jelang Idul Adha, Bupati HST Ingatkan Pemotongan Hewan Kurban yang ASUH

“Dengan pemotongan yang ASUH, diharapkan daging hewan kurban yang dihasilkan akan sesuai kaidah, baik secara kesehatan maupun ketentuan agama”

Bupati HST, H Aulia Oktafiandi memberikan sambutan pada kegiatan KEI Kesejahteraan Hewan dan Pemotongan Aman ASUH (foto: TABIRkota/ist)

BARABAI (TABIRkota) – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel), H Aulia Oktafiandi mengingatkan agar pemotongan hewan kurban dilakukan dengan Aman, Sehat, Utuh dan Halal atau ASUH.

Hal tersebut disampaikan H Aulia Oktafiandi saat menghadiri kegiatan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Kesejahteraan Hewan dan Pemotongan Aman Sehat Utuh dan Halal (ASUH) di rumah peternak Desa Banua Binjai, Kecamatan Barabai, Selasa (11/6).

Menurutnya, pemotongan hewan kurban harus mengikuti kaidah-kaidah yang telah ditentukan agar kualitas daging yang dihasilkan betul-betul terjaga.

“Bisa saja terjadi, karena faktor ketidaksengajaan, mengakibatkan pemotongan hewan kurban menjadi tidak sesuai dengan kaidah dan ketentuan,” ujarnya.

BACA JUGA :  KPU Balangan Luncurkan Pilkada 2024, Bupati Ajak Pemilih Pemula untuk Berpartisipasi

Karena itu, katanya, melalui kegiatan KEI Kesejahteraan Hewan dan ASUH kali ini, para peserta diberikan pengetahuan tentang pemotongan hewan kurban yang sesuai aturan.

“Para peserta kegiatan ini, agar dapat mengajarkan ilmu yang didapat kepada masyarakat di lingkungan masing-masing agar semua menjadi tahu dan paham,” katanya.

Dengan begitu, diharapkan hasil pemotongan hewan kurban dapat dilakukan sesuai kaidah, baik secara kesehatan maupun ketentuan agama.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian HST, Budi Satrya Tanjung mengatakan, melalui kegiatan kali ini diharapkan pemahaman masyarakat akan pentingnya kesejahteraan hewan dan pemotongan ASUH menjadi meningkat.

“Dinsa Pertanian dalam hal ini siap membantu masyarakat untuk memastikan hewan kurban yang akan dipotong aman untuk dikonsumsi,” katanya.

BACA JUGA :  Syukuran Panen Raya Ikan Nila, Bupati Balangan Apresiasi Keberhasilan Para Pembudidaya

Menjelang Idul Adha 1445 Hijriyah yang bertepatan dengan 17 Juni mendatang, Dinas Pertanian HST telah memastikan ketersediaan hewan kurban mencukupi, yaitu sebanyak 854 ekor yang terdiri dari sapi, kambing, domba serta kerbau.

Kegiatan tersebut dirangkai dengan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di rumah peternak Desa Banua Binjai yang dipimpin Bupati HST, H Aulia Oktafiandi. (ra)

Pewarta: M Ferian Sadikin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pemkab HST Raih Dua Penghargaan Pengelolaan Penyaluran Dana Tercepat 2024

Rab Jun 12 , 2024
"Pemkab HST berhasil meraih penghargaan tercepat dalam pengelolaan penyaluran Dana Alokasi Khusus atau DAK serta Penyaluran Dana Desa Tahap I dan Tahap II 2024"

You May Like

TABIRklip