Jelang Idul Adha 1445 Hijriyah, Pemkab Balangan Pastikan Stok Hewan Kurban Aman

“Selain memastikan stok dan ketersediaan, DKP3 Balangan juga melakukan pemeriksaan ante-mortem untuk memastikan kelayakan serta kesehatan hewan kurban”

Kabid Peternakan, DKP3 Balangan, Mariani (kanan) bersama Medik Veteriner Ahli Madya, Dokter Hewan Dewa Ayu Putu Asrinadi (foto: TABIRkota/rastaferian pasya)

PARINGIN (TABIRkota) – Menjelang Idul Adha 1445 Hijriyah pada 17 Juni mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel) memastikan stok hewan kurban aman dan tercukupi.

Menurut Kepala Bidang Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Balangan, Mariani, pihaknya sudah memastikan stok hewan kurban mencukupi untuk kebutuhan Idul Adha mendatang.

“Berdasarkan hasil pendataan, ketersediaan hewan kurban di Balangan sebanyak 272 ekor,” ujarnya di Paringin, ibu kota Balangan, Arba (5/6).

272 ekor hewan kurban tersebut, katanya, terdiri dari 205 ekor sapi, 16 kerbau, 43 kambing dan tujuh domba.

“Hewan-hewan kurban tersebut, sudah pula dilakukan pemeriksaan kesehatan dan hasilnya aman, semua lulus uji kesehatan,” katanya.

BACA JUGA :  Bapok Stabil

Medik Veteriner Ahli Madya DKP3 Balangan, Dokter Hewan Dewa Ayu Putu Asrinadi menambahkan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan ante-mortem untuk memastikan kelayakan hewan kurban.

“Pemeriksaan kesehatan hewan kurban kami lakukan dengan mendatangi langsung para pengepul dan peternakan,” tambahnya.

Bila dalam kurun waktu kurang dari satu minggu ditemukan hewan kurban dalam kondisi sakit, diakui masih ada waktu untuk diberikan pengobatan.

Namun bila hewan kurban ditemukan dalam kondisi sakit saat sudah mendekati Idul Adha, maka kemungkinan untuk dapat diobati sangat kecil dan tidak layak untuk disembelih.

Hingga saat ini, pihak DKP3 Balangan belum menemukan hewan kurban yang sakit atau kondisi tidak layak untuk disembelih. (ra)

Uploader: Zidna Rahmana

BACA JUGA :  Cipta Kondisi Gabungan Polda Kalsel dan Polresta Banjarmasin Amankan Puluhan Remaja

Pewarta: M Rastaferian Pasya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tekan Laka Lantas, Polres HSS Mou dengan Jasa Raharja Kandangan, MUI dan Dishub

Rab Jun 5 , 2024
“Penandatanganan nota kesepahaman merupakan prioritas Polres HSS di 2024 ini, mengingat pada 2023 lalu angka laka lantas yang menyebabkan meninggal dunia cukup tinggi, yaitu sebanyak 22 jiwa"

You May Like

TABIRklip