Gerakkan Roda Ekonomi, Bupati HST Resmikan Galeri Dekranasda

“Dinas Perdagangan (Disdag) HST memiliki konsep dengan mencoba menggerakkan perekonomian masyarakat melalui para pelaku ekonomi kreatif”

Bupati HST, H Aulia Oktafiandi saat meninjau Galeri Dekranasda usai peresmia, Arba (12/6). (foto: TABIRkota/ferian sadikin)

BARABAI (TABIRkota) — Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel), H Aulia Oktafiandi meresmikan galeri Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) setempat untuk menggerakkan roda perekonomian para pengrajin lokal, di Halaman Dinas Perdagangan setempat, Arba (12/6).

Menurutnya, para pengrajin agar dapat eksis menawarkan hasil kerajinan dari usaha kecil menengah di galeri tersebut.

“Hampir 50 persen, usaha yang ada di HST ini masuk kategori usaha kecil menengah, maka untuk meningkatkan nilainya dibutuhkan kreatifitas dan inovasi,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HST, katanya, berusaha menggerakkan roda ekonomi dengan menaikkan level pengrajin melalui display yang bagus dan barang yang dapat sesuai keinginan.

BACA JUGA :  Selfie di Pasar Wadai

“Kalau kebetulan ada pengunjung luar daerah bisa nanti diajak ke galeri dekranasda, produknya juga bisa request sesuai keinginan,” katanya.

Ia menambahkan, meskipun gedungnya sederhana, namun multifungsi dan dapat menjadi tempat yang produknya representatif terhadap calon pembeli.

“Dengan berbelanja di galeri ini, maka roda ekonomi pengrajin akan berputar dan memiliki efek domino bagi peredaran uang di HST,” tambahnya.

Pemkab HST memiliki dua misi, yakni menggalakkan sektor pariwisata dan menggerakkan kegiatan yang bernilai Ekonomi Kreatif (Ekraf).

Diharapkan, ke depannya dengan adanya Peraturan Daerah (Perda) Ekonomi Kreatif semakin banyak terlindungi dan terlaksana kegiatan ekraf di HST. (fer)

BACA JUGA :  Syukuran Kenaikan Pangkat, Bupati HST Bersama 191 ASN Tanam Bibit Durian

Pewarta: M Ferian Sadikin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hulu Sungai Tengah Regency Wins Award for Fastest Distribution of DAK and Village Funds 2024

Kam Jun 13 , 2024
"The award is clear proof that HST Regency Government's are not only focused on achieving high levels of budget management but also prioritizing optimal performance in implementing its distribution"

You May Like

TABIRklip