Audisi Bakat, 16 Finalis Naga HST Siap Unjuk Kebolehan di Grand Final 2024

“Grand final pemilihan Nanang Galuh 2024 pada 25 Mei mendatang, Disdik HST akan mengusung tema kebudayaan yang bernuansa islami”

Kepala Disdik HST, Muhammad Anhar didampingi Kasi Kesenian dan Kebudayaan, Masruswian saat diwawancarai Tabirkota.com (foto: TABIRkota/ferian sadikin)

BARABAI (TABIRKota) — Sebanyak 16 finalis atau delapan pasang Nanang Galuh Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) siap unjuk kebolehan di pangung Grand Final 2024 mendatang.

16 finalis tersebut lolos ke grand final Nanang Galuh 2024 setelah mengikuti audisi bakat, di Pendopo Bupati HST, Sabtu (11/5) malam.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) HST, Muhammad Anhar mengatakan, audisi tersebut merupakan tahapan kedua dari perjalanan audisi Naga setempat.

“30 peserta atau 15 pasang menampilkan masing-masing talentanya pada audisi bakat, kemudian diseleksi menjadi delapan pasang,” katanya.

Peran Disdik HST, ujarnya, tidak terlalu besar secara teknis pada audisi tersebut, namun pihaknya mendorong dari segi tatanan kebijakan.

BACA JUGA :  Dunia Jurnalistik Kalsel Berduka, Didi Gunawan Tutup Usia

“Kami melihat pemberdayaan “pawadahan” atau keorganisasian Nanang Galuh itu sangat terlihat secara signifikan dalam pelaksanaan audisi dari tahun ke tahun,” ujarnya.

Disdik HST dan Pawadahan Nanang Galuh HST rencananya akan mengambil tema kebudayaan dengan nuansa keagamaan atau islami sesuai karakteristik masyarakat setempat.

Selain itu, pada audisi bakat saat ini lebih terlihat banyak peningkatan talenta-talenta sebagai awal untuk dikembangkan kembali nantinya.

Terkait grand final, tambah Anhar, akan dilaksanakan pada 25 Mei mendatang, namun masih menyesuaikan jadwal Bupati dan Ketua TP PKK HST.

“Malam gand final nantinya bertempat di halaman kantor Bupati HST dan kami masih merancang tema serta nuansanya nantinya,” tambahnya.

BACA JUGA :  Kolam Regulasi di HST Ramai Dikunjungi, PM Adhi Cipta: Belum Dibuka untuk Umum

Setelah terpilih para duta kebudayaan tersebut akan otomatis jadi keluarga besar pawadahan Nanang Galuh HST dan tidak terikat masa bakti.

Uniknya, Nanang Galuh tersebut merupakan ikatan keluarga besar yang saling menguatkan, memberdayakan dan terus berkarya demi kebudayaan di HST. (fer)

Uploader: Zidna Rahmana

Pewarta: M Ferian Sadikin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Calon Independen Pilkada Tapin Dr Milhan - Habib Farid Assegaf Serahkan Data Dukungan Warga

Sen Mei 13 , 2024
"Data dukungan yang ditargetkan KPU berjumlah 14.248 dari tujuh kecamatan sedangkan pasangan calon Dr Milhan - Habib Farid Assegaf berhasil mengumpulkan dukungan sebanyak 17.935 dari sepuluh kecamatan"

You May Like

TABIRklip