Usai Pelantikan Presiden, Nilai Tukar Rupiah Menguat

“Rupiah meningkat 20 poin atau 0,13 persen menjadi Rp15.461 per dolar AS pada Senin (21/10) dari sebelumnya sebesar Rp15.481 per dolar AS”

(sumber ilustrasi: antaranews.com)

JAKARTA (TABIRkota) – Nilai tukar perdagangan rupiah mengalami peningkatan atau menguat usai pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada 20 Oktober kemarin.

Menurut Analis Bank Woori, Rully Nova, rupiah meningkat 20 poin atau 0,13 persen menjadi Rp15.461 per dolar AS pada Senin (21/10) dari sebelumnya sebesar Rp15.481 per dolar AS.

“Sentimen pasca pelantikan Presiden Prabowo sangat positif, hal tersebut dapat dilihat dari minat investor asing yang tinggi di pasar SBN dan saham dari sepekan kemarin,” ujarnya di Jakarta, dilansir dari antaranews.com, Senin (21/10).

BACA JUGA :  Gempa M 5,0 Guncang Bandung, Rumah Warga dan Bangunan Fasilitas Umum Terdampak

Optimisme pelaku pasar, katanya, juga ditopang arah kebijakan fiskal yang akan berkelanjutan karena kembali terpilihnya Sri Mulyani Indrawati sebagai Menteri Keuangan.

“Perkiraan tren penguatan rupiah akan berlanjut pada kisaran Rp15.350 per dolar AS sampai dengan Rp15.460 per dolar AS,” katanya.

Namun, tambahnya, penguatan rupiah lebih lanjut ke depannya akan sangat dipengaruhi oleh faktor eksternal.

“Seperti dinamika Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) dan konflik Timur Tengah,” tambahnya.

Para pelaku pasar diharapkan tetap waspada terhadap potensi fluktuasi nilai tukar, terutama dengan mempertimbangkan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi stabilitas rupiah, seperti perkembangan politik global dan gejolak ekonomi dunia. (zr)

BACA JUGA :  Lanjutkan Program RHL di Magelang, Komitmen Adaro Hijaukan Bukit Menoreh

TABIRkota

Dari Banua Untuk Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tingkatkan Patuh Aturan Jelang Pilkada, Polda Kalsel Gelar Deklarasi Damai di HSS

Sel Okt 22 , 2024
"Polda Kalsel mengimbau kepada seluruh peserta dan penyelenggara agar selalu menaati peraturan yang berlaku pada Pilkada"

You May Like

HUT TABIRkota 3 Tahun

TABIRklip