Tingkatkan Pengalaman Komunikasi Udara, Kwarcab HST Gelar Jota Joti 2024

“Anggota pramuka dibekali ORARI HST pengetahuan dan pengalaman berkomunikasi lewat udara dengan alat 2 M band, Sattelite amatir, HF 40 M band mode SSB, Digital dan CW”

Anggota pramuka di HST saat praktik penggunaan dan komunikasi dengan perangkat radio (foto: TABIRkota/ferian sadikin)

BARABAI (TABIRkota) — Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Jamboree On the Air (Jota) dan Jamboree On the Internet (Joti) 2024 untuk meningkatkan pengalaman komunikasi lewat udara dengan radio amatir diselenggarakan dari 19 hingga 20 Oktober.

Ketua Kwarcab HST, H Muhammad Anhar mengatakan, kegiatan Jota Joti digelar sebagai ajang untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman berkomunikasi dengan perangkat radio amatir atau internet.

“Kegiatan tersebut juga tidak terlepas dari keterlibatan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal HST,” katanya, di Barabai, Ibu Kota HST, Senin (21/10).

BACA JUGA :  Bazar Pasar Murah Korem 101/Antasari, Diskon Harga Hingga 50 persen

Anggota pramuka, ujarnya, diharapkan dapat mengetahui dan memahami etika dalam berkomunikasi serta menggunakan perangkat radio.

“Semoga kegiatan Jota Joti tersebut dapat memperluas jaringan komunikasi dan mengenalkan Kwarcab HST ke seluruh penjuru Negeri, bahkan Internasional,” ujarnya.

Jota Joti tersebut diisi dengan materi Alphabet Phonetic, Pengetahuan Dasar Radio Amatir dan Satelit Radio.

Anggota pramuka juga dibimbing untuk mempelajari teknik penggunaan radio dan berinteraksi melalui beberapa band, yakni 2 M band, Sattelite amatir, HF 40 M band mode SSB, Digital dan Continuous Wave (CW) atau radiotelegrafi dengan kode morse.

Ketua ORARI Lokal HST, Muhammad Juliani menambahkan, alat yang digunakan berupa 2 M dan 40 M band, antena radio rig, sedangkan satelit cukup dua buah Handy Transifer (HT) serta antena sederhana untuk komunikasi luar pulau melalui satelit amatir I0-86/Lapan-A2.

BACA JUGA :  20 Mahasiswa Poliban Banjarmasin Terima IBFL Batch Dua PT SIS Admo

“Untuk HF, jangkauannya bisa sampai luar pulau, saat praktik tadi tembus ke call area 8 Sulawesi dan satelitnya juga sampai ke luar pulau, bahkan apabila propagasi membuka, komunikasi bisa hingga luar negeri,” tambahnya.

Pelaksanaan kegiatan Jota Joti 2024 di HST dinilai Orari Lokal setempat lebih terorganisir dari tahun sebelumnya.

Diharapkan ke depannya, pembukaan dan penutupan Jota Joti diintruksikan serentak secara Internasional, kalau perlu via zoom meeting dengan Kwartir Nasional (Kwarnas). (fer)

Pewarta: M Ferian Sadikin

Journalist | Editor | - Hulu Sungai Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

South Borneo Rally 2024, Pj Bupati Tapin Tekankan Pengenalan Wisata Daerah

Sen Okt 21 , 2024
"Melalui South Borneo Rally 2024, diharapkan semakin memajukan pariwisata di Tapin dan meningkatkan ketertarikan wisatawan domestik maupun mancanegara"

You May Like

HUT TABIRkota 3 Tahun

TABIRklip