Pemkab HST Gelar Bimtek Pengelolaan DTKS dan Profil Desa

“Diikuti 55 peserta bimtek, Pjs Bupati HST harapkan program kesejahteraan sosial berjalan baik dan tepat sasaran”

Pjs Bupati HST, H Faried Fakhmansyah memberikan sambutan (foto: TABIRkota/prokom hst)

BARABAI (TABIRkota) — Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Pemerintah Kecamatan Pandawan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Evaluasi Perkembangan serta Profil Desa, di Hotel Akmani, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10).

Pejabat Sementara (Pjs) Bupati HST, H Faried Fakhmansyah mengatakan, DTKS merupakan salah satu alat penting memastikan program kesejahteraan sosial berjalan baik dan tepat sasaran.

“Dengan data akurat dan terintegrasi, kita dapat mengidentifikasi masyarakat yang benar membutuhkan bantuan dan dukungan,” katanya saat membuka bimtek DTKS.

Keterlibatan semua pihak, ujarnya, termasuk pemerintah desa sangat penting dalam berperan meng-update data.

BACA JUGA :  Ketua TP PKK Balangan: HARPI Melati Berperan Penting Tingkatkan Ekonomi Keluarga

“Aplikasi tersebut berbasis online, sehingga update data dapat dilakukan real time dan terintegrasi penuh dengan server Nasional,” ujarnya.

Camat Pandawan, M Affaw Al Bagaq menambahkan, profil desa merupakan alat yang berguna dalam perencanaan pembangunan dengan data akurat mengenai potensi kebutuhan dan masalah yang dihadapi.

“Peserta bimtek berjumlah 55 orang terdiri dari para kepala seksi pemerintahan, unsur Kecamaran Pandawan, Dinsos PPKB PPPA serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa HST,” tambahnya.

Bimtek tersebut menghadirkan narasumber dari Kementerian Sosial RI, Plt Kepala Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial R Gandhi Wijaya Cahyo Prajanto, Kementerian Dalam Negeri RI tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Teknis pengelolaan Profil Desa. (fer)

BACA JUGA :  Pos Kamling Keramat Jaya Sabet Juara II Terbaik Tingkat Provinsi

Pewarta: M Ferian Sadikin

Journalist | Editor | - Hulu Sungai Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tingkatkan Pengalaman Komunikasi Udara, Kwarcab HST Gelar Jota Joti 2024

Sen Okt 21 , 2024
"Anggota pramuka dibekali ORARI HST pengetahuan dan pengalaman berkomunikasi lewat udara dengan alat 2 M band, Sattelite amatir, HF 40 M band mode SSB, Digital dan CW"

You May Like

HUT TABIRkota 3 Tahun

TABIRklip