Penilaian Adipura, DPLH Balangan Imbau Warga Jaga Kondisi Lingkungan

“Masyarakat diimbau untuk turut menjaga lingkungan tetap bersih dan hanya membuang sampah dari pukul 18.00 Wita hingga pukul 06.00 Wita”

Petugas kebersihan di Balangan sedang membersihkan sampah (foto: TABIRkota/mc blg)

PARINGIN (TABIRkota) – Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DPLH) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel) mengimbau warga setempat untuk bersama-sama menjaga kondisi lingkungan saat penilaian Adipura berlangsung.

Menurut Kepala DPLH Balangan, Aidinnor, penilaian Adipura telah dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI sejak Jum’at (20/9) kemaren.

“Sehubungan dengan penilaian tersebut, kami mengimbau masyarakat agar menjaga lingkungan tetap bersih dan tidak membuang sampah sembarangan,” ujarnya di Paringin, ibu kota Balangan, Senin (23/9).

Ia mengatakan, masyarakat diintruksikan untuk membuang sampah hanya dari pukul 18.00 Wita hingga pukul 06.00 Wita di Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

BACA JUGA :  Serahkan Bantuan Invasi Ikan, Bupati HST Harapkan Pendapatan Pembudidaya Meningkat

“Kepada masyarakat juga dimohon untuk tidak membakar sampah baik itu daun kering, kertas dan plastik,” katanya.

Ia menambahkan, Adipura bukanlah tujuan akhir dan sasaran utama, namun tujuan yang diharapkan adalah jangka panjang agar lingkungan dapat terawat, bersih dan tertata.

“Hal tersebut tentu harus dibarengi dengan kerja keras pemerintah dan kesadaran masyarakat yang harus didorong, agar tidak lagi membuang sampah sembarangan,” tambahnya.

Kebersihan lingkungan diakui sudah menjadi tugas semua pihak, baik pemerintah daerah hingga masyarakat, agar dapat terus bersinergi untuk menciptakan lingkungan yang bersih. (ra)

BACA JUGA :  Rumah Batu dan Makam Datu Kandang Haji di Balangan Peroleh Rekomendasi sebagai Situs Warisan Cagar Budaya

Pewarta: M Rastaferian Pasya

Journalist - Balangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Gegerkan Warga, Kantin SMPN 3 HST Terbakar

Sel Sep 24 , 2024
"Kantin SMP 3 HST terbakar 100 persen, sekitar pukul 02.50 Wita, saat warga terlelap tidur"

You May Like

HUT TABIRkota 3 Tahun

TABIRklip