Dukung Pelestarian Seni Budaya, DPRD Barsel Apresiasi Festival Dahai Dahanai

“Festival Dahai Dahanai diharapkan dapat memperkenalkan seni, budaya dan olahraga tradisional kepada masyarakat, terutama generasi muda”

Ketua Komisi III DPRD Barsel, Rusinah Andelen (foto: TABIRkota/akhmad madani)

BUNTOK (TABIRkota) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), memberikan apresasi terhadap pelaksanaan Festival Dahai Dahanai sebagai bentuk dukungan atas upaya pelestarian seni dan budaya daerah.

Menurut Ketua Komisi III DPRD Barsel, Rusinah Andelen, pihaknya sangat mendukung pelaksanaan festival tersebut sebagai upaya memperkenalkan dan melestarikan seni budaya, seperti tarian adat dan olahraga tradisional.

“Festival Dahai Dahanai diharapkan dapat memperkenalkan seni, budaya dan olahraga tradisional kepada masyarakat, terutama generasi muda,” ujarnya saat dikonfirmasi via telepon di Buntok, ibu kota Barsel, Kamis (26/9).

Festival tersebut, katanya, juga bertujuan untuk membangkitkan kembali olahraga tradisional agar tidak hilang dari kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA :  Sebelum Raperda Disahkan, Pemkab Barsel Diminta Tidak Memungut Pajak Retribusi Daerah

“Pemenang lomba olahraga pada festival tersebut akan menjadi wakil Barsel untuk mengikuti Festival Olahraga Tradisional Tingkat Provinsi,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya juga mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel yang menyelenggarakan berbagai kegiatan meriah dalam rangka memperingati HUT ke-65 kabupaten setempat.

“Kami sangat senang dengan rangkaian acara yang begitu meriah, termasuk turnamen olahraga dan malam hiburan rakyat yang menghadirkan artis serta grup band dari ibu kota untuk menghibur masyarakat,” tambahnya.

Festival Dahai Dahanai merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-65 Barsel.

Dalam kegiatan tersebut, diselenggarakan Festival Olahraga Tradisional Dahani Dahanai Tuntung Tulus yang melibatkan beberapa cabang olahraga tradisional, seperti menyupit, balogo, bagasing, mangaruhi, manetek, maneweng dan sepak sawut. (zr)

BACA JUGA :  Parkir Liar di Buntok Mulai Meresahkan, DPRD Barsel Minta Pemkab Lakukan Penertiban

Pewarta: Akhmad Madani

Journalist - Barito Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

HM Farid Yusran: Pelantikan Pimpinan DPRD Barsel Tunggu Rekomendasi DPP PDIP

Jum Sep 27 , 2024
"Di internal PDIP, terdapat tiga nama yang diusulkan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Barsel untuk dipertimbangkan yang nantinya oleh DPP akan dipilih salah seorang sebagai unsur pimpinan DPRD definitif"

You May Like

HUT TABIRkota 3 Tahun

TABIRklip