Persiapan Pembentukan Fraksi, DPRD Barsel Gelar Paripurna II

“Melalui fraksi-fraksi, DPRD akan membentuk tim yang dibutuhkan untuk penyusunan tata tertib dewan dan pembentukan Alat Kelengkapan Dewan”

Ketua Sementara DPRD Barsel, HM Farid Yusran (foto: TABIRkota/akhmad madani)

BUNTOK (TABIRkota) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng) meggelar Rapat Paripurna II Masa Persidangan I untuk mempersiapkan pembentukan fraksi-fraksi pendukung dewan.

Paripurna yang dihadiri seluruh anggota dewan yang baru dilantik tersebut, dilaksanakan di Ruang Rapat DPRD Barsel, Kamis (15/8).

Menurut Ketua Sementara DPRD Barsel, HM Farid Yusran, paripurna yang dilaksanakan sekaligus juga sebagai ajang perkenalan antar anggota dewan yang baru.

“Pwembentukan fraksi sangat penting dalam menjalankan kegiatan dewan ke depan,” ujarnya.

Melalui fraksi-fraksi, katanya, DPRD akan membentuk tim yang dibutuhkan untuk penyusunan tata tertib dewan dan pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

BACA JUGA :  Tingkatkan Peran Guru Agama, AGPAII Barsel Gelar Lokakarya Penguatan Moderasi Beragama

“Fraksi ini sangat penting sebagai dasar kegiatan dewan berikutnya, termasuk pembentukan tim penyusun tata tertib dan komisi-komisi dalam AKD,” katanya.

Di DPRD Barsel, terdapat tiga fraksi murni, masing-masing Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) dan Fraksi Partai Nasdem.

Untuk anggota dewan dari partai yang tidak mencukupi untuk membentuk fraksi sendiri, tambahnya, akan bergabung dengan fraksi lain atau membentuk fraksi gabungan.

“Kami memberikan waktu satu minggu untuk pembentukan fraksi dan jika tidak selesai dalam waktu tersebut, akan diberikan perpanjangan waktu,” tambahnya.

Selain pembentukan fraksi, pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) seperti komisi-komisi akan dilakukan setelah fraksi dan tata tertib dewan terbentuk.

BACA JUGA :  Tingkatkan Kesejahteraan, Pemkab Barsel Diminta Prioritaskan Program Pemberdayaan Masyarakat

AKD lainnya yang juga akan dibentuk, meliputi badan anggaran, badan musyawarah, badan kehormatan dewan, serta badan pembentukan peraturan daerah. (ra)

Pewarta: Akhmad Madani

Journalist - Barito Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pelantikan Anggota DPRD Barsel Terpilih, 10 Wajah Baru Huni Gedung Dewan

Kam Agu 15 , 2024
"Untuk sementara, pimpinan DPRD diambil dari partai politik yang memperoleh suara terbanyak pertama dan kedua pada Pileg lalu"

You May Like

HUT TABIRkota 3 Tahun

TABIRklip