Triwulan Kedua 2024, 1.000 Pasien di Balangan Sudah Terlayani Program Home Care

“Agar memberikan manfaat yang lebih besar, Pemkab Balangan terus berupaya melakukan peningkatan pelayanan Home Care, salah satunya dengan monitoring”

Plt Kepala Dinas Kesehatan Balangan, Ahmad Sauki (foto: TABIRkota/mc blg)

PARINGIN (TABIRkota) – Hingga triwulan kedua di 2024 ini, tercatat sekitar 1.000 pasien di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel) telah terlayani program Home Care yang dijalankan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat untuk layanan kesehatan di rumah.

Menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Balangan, Ahmad Sauki, pihaknya optimis jumlah tersebut akan terus meningkat hingga akhir 2024 mendatang.

“Kita terus lakukan peningkatan pelayanan Home Care agar dapat memberikan manfaat yang lebih besar lagi bagi peningkatan kesehatan masyarakat,” ujarnya di Paringin, ibu kota Balangan, Jum’at (19/7).

Salah satu upaya peningkatan pelayanan tersebut, katanya, dengan melakukan monitoring laporan dari petugas di lapangan.

BACA JUGA :  Pimpin Peringatan HUT ke-79 RI, Bupati HST Ingatkan Jaga Persatuan dan Kesatuan

“Monitoring dilakukan setiap hari agar apabila ada kendala, dapat segera dilakukan penanganannya,” katanya.

Monitoring juga menjadi bahan untuk evaluasi pelaksanaan program agar dapat terus ditingkatkan lagi dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Program Home Care, tambahnya, merupakan layanan perawatan langsung ke rumah bagi masyarakat yang tidak dapat datang sendiri ke fasilitas kesehatan.

“Home Care juga menyentuh wilayah pedalaman dimana secara rutin petugas puskesmas, terutama dokter yang bertugas, mendatangi warga ke rumah-rumah untuk melakukan pemeriksaan kesehatan,” tambahnya.

Dalam pelayanannya, program Home Care diperuntukkan bagi pasien khusus, antara lain lansia, disabilitas, pasien rujuk balik seperti mereka yang memiliki riwayat hipertendi, diabetes dan stroke. (ra)

BACA JUGA :  Dinilai Kurang Representatif, Pemko Banjarmasin Rencanakan Revitalisasi KBM Jahri Saleh

Pewarta: M Rastaferian Pasya

Journalist - Balangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati HST Buka Sosialisasi Menu B2SA di SMKN 1 Barabai

Jum Jul 19 , 2024
"Kesehatan dan gizi merupakan kunci menjaga kebugaran serta kehidupan yang optimal untuk mencegah stunting"

You May Like

TABIRklip