Dukung Event Basaruan II, BPBD Balangan Siapkan 400 Bibit Pohon

“50 bibit pohon nantinya akan ditanam di area bantaran sungai Balangan dan sisanya sebanyak 350 bibit, akan dibagikan kepada masyarakat sekitar”

Audensi BPBD Balangan dengan KJB dalam rangka persiapan Basaruan II (foto: TABIRkota/rastaferian pasya)

PARINGIN (TABIRkota) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel) menyiapkan 400 bibit pohon sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan event Babarasih Aliran Sungai Balangan atau Basaruan II.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan, Jumaidil Hairi melalui Analis Bencana, Muhammad Suhaili mengatakan, untuk keperluan tersebut, pihaknya telah melakukan audensi dengan Panitia Pelaksana Basaruan II dari Komunitas Jelajah Balangan (KJB).

“Pertemuan sudah kita laksanakan pada Senin (22/7) kemaren dengan pihak KJB untuk membahas teknis pelaksanaannya,” katanya di Paringin, ibu kota Balangan, Selasa (23/7).

BACA JUGA :  Pemkab Balangan Kembangkan Lima Obyek Wisata Prioritas

Menurutnya, 50 bibit pohon nantinya akan ditanam di area bantaran sungai Balangan dan sisanya sebanyak 350 bibit akan dibagikan kepada masyarakat sekitar mulai 25 Juli mendatang.

“Pembagian bibit pohon dilaksanakan sebagai bagian dari pelaksanaan program BPBD Balangan, yaitu mitigasi bencana longsor,” ujarnya.

Basaruan adalah gerakan sosial membersihkan sungai Balangan yang diinisiasi KJB dan 2024 ini, merupakan pelaksanaan yang kedua.

Pada Basaruan II kali ini, dilaksanakan beberapa kegiatan seperti memungut sampah di bantaran sungai dan yang hanyut di aliran sungai, penanaman pohon, pelepasan benih ikan, penaburan eco enzim serta kampanye untuk menjaga sungai.

BACA JUGA :  Peringati Hari Anak Nasional, Bupati HST Ajak Orang Tua Maksimalkan Pemenuhan Hak Anak

Terpisah, Ketua Pelaksana Basaruan II, Muhammad Annas Al Fatihah mengatakan, pelaksanaan Basaruan II merupakan komitmen KJB dalam menjaga sungai Balangan.

“Basaruan merupakan agenda rutin KJB untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup dan ajakan kepada masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan,” katanya.

Basaruan II yang mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan dan BPBD setempat tersebut, dijadwalkan akan dilaksanakan pada 27 dan 28 Juli mendatang. (ra)

Pewarta: M Rastaferian Pasya

Journalist - Balangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hidupkan Hati, Adaro Berbagi

Sel Jul 23 , 2024
"Penyaluran paket sembako merupakan bagian dari gerakan Adaro Hidupkan Hati yang membawa semangat Gelorakan Syukur Berbagi untuk Negeri"

You May Like

HUT TABIRkota 3 Tahun

TABIRklip