Pimpin Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Sekda Balangan Serukan Pelestarian Nilai Luhur

“Nilai-nilai luhur Pancasila sangat penting untuk dilestarikan baik di masyarakat umum maupun dalam sistem pemerintahan”

H Sutikno memberikan sambutan saat memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila (foto: TABIRkota/mc blg)

PARINGIN (TABIRkota) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel), H Sutikno menyerukan kepada semua pihak agar senantiasa melestarikan nilai-nilai luhur Pancasila.

Seruan tersebut disampaikan H Sutikno saat memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan di halaman Kantor Bupati setempat, Selasa (1/10).

Menurutnya, sangatlah penting untuk menanamkan serta mengembangkan nilai-nilai perjuangan dan kesadaran, bahwa Pancasila adalah dasar negara yang harus dipertahankan.

“Negara ini terbentuk melalui proses yang panjang, salah satunya adalah bagaimana kita mempertahankan jati diri bangsa melalui Pancasila,” ujarnya.

Nilai-nilai luhur Pancasila, katanya, sangat penting untuk dilestarikan baik di masyarakat umum maupun dalam sistem pemerintahan.

BACA JUGA :  Puluhan Pramukopi "Adu Mekanik" di Ajang Murakata Coffe Festival 2024

“Mari kita bersama-sama menegakkan kepastian hukum berdasarkan nilai-nilai Pancasila,” katanya.

Ia menambahkan, menjaga fasilitas publik dan lembaga pemerintahan, juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

“Selain itu, yang tidak kalah penting adalah mengutamakan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan berbagai persoalan,” tambahnya.

Hal tersebut sebagaimana tercantum dalam sila keempat Pancasila, yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

Hadir pada upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tersebut, para Kepala SKPD, jajaran Forkopimda dan para ASN di lingkup Pemkab Balangan serta anggota TNI Polri dan Satpol PP. (ra)

BACA JUGA :  Balangan Wakili Kalsel Ikuti Penilaian Paritrana Award 2024

Pewarta: M Rastaferian Pasya

Journalist - Balangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Peroleh Nilai BB, Tapin Raih Penghargaan SAKIP Award 2024

Rab Okt 2 , 2024
"SAKIP Award 2024 menjadi bukti efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran yang berdampak pada ketercapaian target sasaran pembangunan nasional"

You May Like

HUT TABIRkota 3 Tahun

TABIRklip