Satu-Satunya di Kalsel, Balangan Raih Penghargaan Nasional Penanggulangan AIDS, TBC dan Malaria

“Penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas komitmen Balangan dalam mengalokasikan anggaran untuk program pencegahan AIDS, TBC dan Malaria”

Plt Kadinkes Balangan, Ahmad Sauki beserta jajaran usai menerima penghargaan dari Adinkes (foto: TABIRkota/mc blg)

PARINGIN (TABIRkota) – Kabupaten Balangan berhasil menjadi satu-satunya kabupaten di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang meraih penghargaan nasional dalam upaya pencegahan dan penanggulangan AIDS, Tuberculosis atau TBC dan Malaria.

Menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Balangan, Ahmad Sauki, penghargaan dari Asosiasi Dinas Kesehatan Seluruh Indonesia (Adinkes) tersebut telah ia terima mewakili Bupati setempat, H Abdul Hadi pada kegiatan Pertemuan Nasional Adinkes di Palembang, Sumatera Selatan pada Selasa (17/9) lalu.

“Penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas komitmen Balangan dalam mengalokasikan anggaran untuk program pencegahan AIDS, TBC dan Malaria atau ATM melalui dana desa yang telah diatur dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024 dan 2025,” ujarnya di Paringin, ibu kota Balangan, Kamis (19/9).

BACA JUGA :  Pilkada Tabalong 2024, H Fani-H Taufan Kantongi Dukungan PKS

Penghargaan yang diterima, katanya, merupakan bentuk apresiasi atas kontribusi Pemkab Balangan dalam penanggulangan ketiga penyakit menular tersebut.

“Terdapat beberapa kreteria bagi kabupaten/kota yang layak menerima penghargaan tersebut, salah satunya adalah, adanya regulasi yang mendukung pemanfaatan dana desa untuk pencegahan dan penanggulangan ATM,” katanya.

Selain itu, setidaknya 40 persen dari total desa di wilayah kabupaten setempat, harus memiliki alokasi anggaran untuk penanggulangan ATM.

154 desa di Balangan, telah menganggarkan dana untuk program pencegahan dan penanggulangan ATM yang diperkuat Surat Keputusan (SK) dan Surat Edaran (SE) Bupati yang mewajibkan penggunaan dana desa untuk program ATM.

BACA JUGA :  HUT ke-79 RI, Vertical Rescue Tabalong Bentangkan Merah Putih Raksasa di Tebing Palai Garagata

Dengan begitu, tambah Ahmad Sauki, Balangan memenuhi syarat untuk menerima penghargaan dari Adinkes.

“Sebagai satu-satunya kabupaten di Kalsel yang menerima penghargaan, menunjukkan keberhasilan Balangan dalam mengimplementasikan program penanggulangan penyakit berbasis dana desa,” tambahnya.

Atas keberhasilan tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan diundang untuk menjadi nara sumber dalam Pertemuan Nasional Adinkes untuk memaparkan pengalaman sukses dalam memobilisasi dana desa bagi penanggulangan ATM.

Keberhasilan Balangan tersebut, diharapkan dapat menjadi contoh daerah lain dalam upaya penanggulangan penyakit berbasis komunitas, melalui pemanfaatan dana desa. (ra)

BACA JUGA :  Bupati Balangan: Pembangunan Sektor Perhubungan Harus Miliki Pondasi Kuat dan Berkelanjutan

Pewarta: M Rastaferian Pasya

Journalist - Balangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kukuhkan FKPPM, Wabup HST Harapkan Pemuda Jadi Pemimpin Masa Depan

Kam Sep 19 , 2024
"Kepengurusan FKPPM HST periode 2024-2025 dinahkodai oleh perwakilan SMAN 7 Barabai, Rayhan"

You May Like

TABIRklip