Pilkada 2024, KPU Balangan Tetapkan DPT Sebanyak 97.255 Pemilih

“97.225 pemilih yang terdaftar di DPT tersebut, katanya, terdiri dari 48.571 pemilih laki-laki dan 48.684 pemilih perempuan”

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPT KPU Balangan (foto: TABIRkota/rastaferian pasya)

PARINGIN (TABIRkota) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel) telah menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada November mendatang, sebanyak 97.255 pemilih.

Menurut Ketua KPU Balangan, Ahmad Turjani, penetapan DPT tersebut telah dilakukan pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPT yang dilaksanakan di Aula Kantor KPU setempat pada Sabtu (21/9) lalu.

“Jumlah DPT tersebut akan diakomodasi di 262 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 157 desa dan kelurahan,” ujarnya di Paringin, ibu kota Balangan, Senin (23/9).

97.225 pemilih yang terdaftar di DPT tersebut, katanya, terdiri dari 48.571 pemilih laki-laki dan 48.684 pemilih perempuan.

BACA JUGA :  Dimulai Hari Ini, Operasi Patuh Intan 2024 Polda Kalsel Kerahkan 439 Personel Gabungan

“Jumlah (pemilih, red) tersebut mengalami peningkatan dibandingkan jumlah DPT pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 14 Februari lalu, yang tercatat sebanyak 96.016 pemilih,” katanya.

Meskipun jumlah DPT telah ditetapkan, namun apabila ada pemilih yang belum terdaftar di DPT pada suatu TPS dan ingin menyalurkan suara, mereka dapat masuk ke Dapat memilih dengan Surat Pindah Memilih (DPTb) atau Pemilih yang Tidak Terdaftar di DPT (DPK).

Untuk itu, tambahnya, harus dibuktikan dengan KTP elektronik yang bersangkutan

“KPU Balangan berkomitmen untuk memastikan setiap warga terdata dengan baik demi menjamin hak pilih mereka di Pilkada 2024,” tambahnya.

BACA JUGA :  Legislator Harap Tapin Jadi Penyangga Pertanian IKN

Diharapkan, seluruh masyarakat yang memiliki hak suara agar dapat berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan Pilkada mendatang. (ra)

Pewarta: M Rastaferian Pasya

Journalist - Balangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Penilaian Adipura, DPLH Balangan Imbau Warga Jaga Kondisi Lingkungan

Sen Sep 23 , 2024
"Masyarakat diimbau untuk turut menjaga lingkungan tetap bersih dan hanya membuang sampah dari pukul 18.00 Wita hingga pukul 06.00 Wita"

You May Like

HUT TABIRkota 3 Tahun

TABIRklip