Terus Digenjot, Pemkab Balangan Targetkan Pembangunan Istana Anak Yatim Selesai Desember

“Saat ini proses pembangunan Istana Anak Yatim sedang merampungkan dapur umum, toilet dan kamar mandi, aula, pagar serta penataan halaman”

Bangunan Asrama Putera Istana Anak Yatim Balangan yang sudah rampung dibangun (foto: TABIRkota/rastaferian pasya)

PARINGIN (TABIRkota) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel) terus menggenjot pembangunan Istana Anak Yatim yang ditargetkan selesai pada Desember mendatang.

Menurut Kepala Bagian Administrasi Pembangunan, Sekretariat Daerah (Setda) Balangan, Taufiqurrahman, berdasarkan hasil monitoring diketahui pengerjaan pembangunan Istana Anak Yatim di lahan seluas 10.000 meter persegi tersebut, terus berjalan.

“Saat ini proses pembangunannya sedang merampungkan dapur umum, toilet dan kamar mandi, aula, pagar serta penataan halaman,” ujarnya di Paringin, ibu kota Balangan, Selasa (16/7).

Istana Anak Yatim yang mulai dibangun sejak Juli 2022 tersebut, katanya, terdiri dari dua blok, masing-masing Asrama Putra dan Asrama Putri.

BACA JUGA :  Tahap Akhir Verifikasi, Disperkim HST Anggarkan 8,3 Miliar Program Bedah Rumah

“Masing-masing asrama memiliki 14 kamar tidur yang dilengkapi kamar mandi, toilet, kamar tidur pengasuh, dapur, ruang laundry dan ruang sekuriti,” katanya.

Ia menambahkan, pembangunan Istana Anak Yatim tersebut merupakan pelaksanaan dari amanat konstitusi pada Pasal 34 UUD 1945 menyatakan bahwa, fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara.

“Bantuan untuk anak-anak yatim termasuk kewajiban negara sehingga dalam rangka tersebut, Pemkab Balangan membangun Istana Anak Yatim,” tambahnya.

Istana Anak Yatim dibangun menggunakan dua sumber dana, masing-masing dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT Adaro Indonesia dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Balangan.

BACA JUGA :  Ungkap Delapan Kasus KDRT, Polres Tapin Ringkus Residivis Pemerkosa

Dana CSR dialokasikan untuk membangun Asrama Putri yang terdiri dari dua lantai, sedangkan dana APBD dialokasikan untuk pembangunan Asrama Putra yang terdiri dari tiga lantai, gedung yayasan dua lantai serta kantor pengelola. (ra)

Pewarta: M Rastaferian Pasya

Journalist - Balangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Target Diikuti 100 Peserta, Pendaftaran Nanang Galuh Balangan 2024 Dibuka

Sel Jul 16 , 2024
"Berbeda dari tahun sebelumnya, pemilihan Nanang Galuh Balangan 2024 tidak lagi dilaksanakan di Gedung Budaya namun digelar di Gedung Sanggam"

You May Like

TABIRklip